Monday, December 3, 2018

Jangan terlalu cepat memvonis !

Matematika adalah salah satu ilmu pendidikan yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari matematika, mulai dari perhitungan dasar sampai ke rumus-rumus matematika yang sangat rumit. Akan tetapi, tidak semua orang menyukai pelajaran ini, karena matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap "paling sulit". Ya, terkenal dengan pelajaran yang "paling sulit" membuat pelajaran ini "dibenci" oleh banyak orang.
Tapi tahukah Anda bahwa matematika itu sederhana  ?
Coba kita perhatikan! Sesungguhnya matematika itu hanya berputar disekitar angka 0 sampai 9, operasi matematika: Tambah (+), Kurang (-), Bagi (:), dan Sama dengan (=), kemudian dilengkapi dengan operasi logika seperti ada Sebab pasti ada Akibat, ada Premis pasti ada Kesimpulan, dan hal-hal lain seperti turunan, kombinasi dan pengandaian dari hal-hal mendasar diatas. Cuma itu sebenarnya yang ada di matematika.
Namun, sikap banyak orang yang terlanjur "benci" pada matematika dan sikap "memvonis diri" tidak faham dalam matematika membuat dirinya menjadi sulit dalam belajar matematika. Hal inilah yang menjadi permasalahan utama dalam belajar matematika.
Nah, di dalam blog ini saya ingin memberikan sedikit pencerahan kepada teman-teman semua bahwa matematika itu sederhana jika kita memandangnya sederhana.
Contohnya :
Ketika Anda melihat  susunan angka seperti ini: |1| + |-1| = 2 
apa yang terlintas di pikiran Anda ?

Apakah kata SALAH ? 

Mungkin sebagian orang akan menjawab SALAH dan sebagian lagi akan menjawab BENAR.
Karena ketika ditanya apa alasan mereka menjawab SALAH ? maka mereka akan menjawab "karena apabila (+) bertemu dengan (-) maka hasilnya akan menjadi (-) sehingga jawaban yang benar adalah 0.
Akan tetapi, ketika orang yang menjawab BENAR ditanya alasannya, mereka akan menjawab "karena ada tanda | (mutlak) maka (-) akan menjadi (+) sehingga hasilnya adalah 2".

Nah dari sini kita dapat mengambil pembelajaran bahwa dalam sebuah permasalahan, janganlah tergesa-gesa ataupun panik dalam mengambil keputusan. Pandanglah permasalahan tersebut dalam berbagai sudut pandang, apa maksud dan tujuan dari permasalahan tersebut karena tak selalu apa yang kita lihat sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya.
Begitu pula dengan matematika, ketika kita merasa sulit untuk menyelesaikan soal-soalnya, janganlah cepat memvonis diri kalau kita tidak bisa. Tapi cobalah untuk memandang soal tersebut dari berbagai sudut pandang , perlahan kita akan menemukan solusi atau penyelesaian dari soal tersebut.

Sekian artikel singkat ini, semoga dapat memberikan pencerahan kepada teman-teman dalam belajar MATEMATIKA :)
Wassalamu'alaikum 😊

No comments:

Post a Comment